Kabar Digital

Berita Masa Kini

Ciptakan Kemitraan, IWO Binjai Audiensi Ke Kantor BAZNAS

KABAR DIGITAL, BINJAI — Dalam rangka menyebarluaskan informasi, terkait fungsi dan peran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), jajaran pengurus Pimpinan Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) kota Binjai sambangi kantor Baznas yang beralamat di jalan Jambi, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Rabu (10/07/2024) pagi.

Kegiatan audiensi tersebut dipimpin langsung oleh Ketua IWO kota Binjai Surya Darma Sitepu S.E., dan disambut dengan ramah tamah (baik) oleh Ketua Baznas kota Binjai Ir. H. Ansyarullah M.A., di kantor nya. Acara audiensi tersebut berlangsung dengan khidmat dengan di isi berbagai diskusi seputaran pelayanan ummat oleh Baznas.

Ketua Baznas kota Binjai dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan Mitra dari IWO kota Binjai yang berkunjung ke kantornya, ini merupakan momen penting karena kami telah bersinergi dengan IWO yang siap membantu kami dalam pelayanan ditengah masyarakat nantinya, terkhusus dalam hal pemberitaan. “Dalam hal pelayanan pasti akan selalu ada kekurangan, akan tetapi kami (Baznas kota Binjai) berusaha untuk optimalkan pelayanan dalam membantu masyarakat,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua IWO kota Binjai Surya Darma Sitepu S.E., mengatakan kami (IWO Binjai) juga mengapresiasi undangan Baznas kota Binjai yang telah menerima organisasi kami untuk melakukan audiensi dalam hal menciptakan kemitraan. “Perlu diketahui, Wartawan tugasnya bukan hanya mencari kesalahan namun juga dapat bertindak sebagai mitra informasi, khususnya persoalan pelayanan ditengah masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut, Surya Darma menyampaikan hasil dari kegiatan audiensi yang dilaksanakan IWO, setidaknya bisa menjadi proyek percontohan agar IWO kota Binjai mendapat kepercayaan untuk mengelola atau membantu para Pejabat SKPD dalam konsep kemitraan. “Kami ingin IWO mendapatkan tempat di hati Baznas kota Binjai dalam rangka membantu diberbagai kegiatan ummat,” ujarnya.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi serta tanya jawab oleh IWO kepada Pengurus Baznas kota Binjai yang beberapa pertanyaan diantaranya ; Program apa saja yang dikelola Baznas, Apa itu Baznas dan tugasnya, Dana Baznas disalurkan kemana saja, Bantuan Baznas untuk siapa saja, Apa manfaat Baznas, dan Apa peran Baznas dalam masyarakat…?

Mendapatkan Pertanyaan itu, Wakil Ketua III Baznas kota Binjai Asmuri Hafiz S.Pd.I., menjawabnya satu persatu.

– Program apa saja yang dikelola oleh Baznas kota Binjai ? Program Santunan Fakir Miskin, Program Biaya Pendidikan, Program Bantuan Modal dan Usaha, Program Rumah Belajar Baznas, Program Pasien Rawat Inap, Program RTLH, dan Program Tanggap Bencana.

– Apa itu Baznas dan Tugasnya ? Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh Pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No.8 Tahun 2001, yang memiliki tugas dan fungsi “`menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat Nasional“`.

– Bantuan Baznas untuk siapa saja ? Sasaran utama nya Disabilitas, Janda dan Lansia, Guru mengaji Muslim yang dhuafa, dan orang yang terkena musibah atau bencana alam.

– Dana Baznas disalurkan kemana saja ? Dana Zakat, Infaq, dan Sedekah yang diterima Baznas, nantinya akan dialokasikan ke berbagai program unggulan, yakni Program bantuan untuk kesehatan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi, dan bantuan bencana.

– Apa manfaat Baznas ? Baznas memberikan berbagai fasilitas pelayanan kepada masyarakat secara offline maupun online melalui website BAZNAS, platform e-commerce, transfer Bank, hingga layanan jemput zakat. Dana zakat yang terkumpul di BAZNAS akan disalurkan melalui program-program pendistribusian dan pendayagunaan.

– Apa peran Baznas dalam masyarakat ? BAZNAS adalah badan pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah yang merupakan salah satu upaya dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan ummat.

Lebih lanjut, Ustad Asmuri mengucapkan terimakasih atas kehadiran teman-teman dari Ikatan Wartawan Online (IWO) kota Binjai yang telah menyempatkan diri untuk bersilaturahmi ke Kantor BAZNAS.

“Ini merupakan sebuah kehormatan kepada kami (BAZNAS) mendapatkan pengalaman ditanya langsung oleh Wartawan secara beramai-ramai, dan terimakasih juga atas beberapa pertanyaan yang sangat bagus. Kami berharap kepada rekan IWO agar menyebar luaskan jawaban dari pada pertanyaan pertanyaan tadi, agar keberadaan BAZNAS diketahui oleh masyarakat,” pungkasnya. (Yong Alem)