Kabar Digital

Berita Masa Kini

Fraksi DPRD Muba Apresiasi Pembentukan Raperda LPj TA 2023 dan Dua Raperda Inisiatif Pemkab Muba 

KABAR DIGITAL, SEKAYU, – Pj Bupati Musi Banyuasin H Sandi Fahlepi hadir langsung dalam rapat Paripurna dalam rangka mendengarkan pemandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Muba terhadap Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Musi

Banyuasin Tahun Anggaran 2023, Raperda Tentang RPJPD Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2025-20245, dan Raperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Muba, Senin (3/6/2024).

 

Rapat Paripurna Masa Persidangan III Rapat ke-7 tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Muba Sugondo, dihadiri Asisten I Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH, jajaran FKPD dan OPD Muba serta para Anggota DPRD Muba.

 

Ketua DPRD Muba Sugondo mengatakan, rapat paripurna kali ini merupakan kelanjutan pembahasan terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2023, Raperda Tentang RPJPD Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2025-20245, dan Raperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh yang telah disampaikan Pj Bupati Muba dalam paripurna sebelumnya pada hari yang sama.

 

“Untuk itu sesuai tahapan pembahasan kita memberikan kesempatan Fraksi-fraksi untuk menyampaikan pemandangan umumnya,” ujar Sugondo.

 

Dalam rapat tersebut satu persatu perwakilan dari fraksi-fraksi DPRD Muba memberikan apresiasi dan ucapan selamat atas capaian kinerja Pemkab Muba dibawah komando Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi, serta menyetujui dua Raperda Inisiatif untuk dibahas pada tahap selanjutnya.

 

Salah satunya Fraksi Golkar, melalui juru bicara M Isa yang mengapresiasi pembentukan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2023, guna menjalani konstitusi yang telah di atur dalam peraturan perundangan-undangan.

 

Dimana, Anggaran Kabupaten Muba Tahun 2023, ditetapkan sebesar Rp4.078.146.093.777,00, dan terealisasi sebesar 93,37 persen. Sedangkan Anggaran Belanja sebesar Rp4.013.727.352.101,00 terealisasi sebesar 90,27%. Kemudian untuk realisasi pembiayaan Netto TA 2023 sebesar Rp65.223.526.931,12, dan terdapat Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) sebesar Rp119.554.525.633,58.

 

“Kami Fraksi Golkar setelah menyimak pidato Pj Bupati Muba yang menyampaikan secara umum tentang keuangan tahun 2023, kami menginginkan Pemkab Muba dapat memaksimalkan penyerapan anggaran sehingga tidak menimbulkan SILPA pada tahun berikutnya,” kata M Isa.

 

Senada juru bicara Fraksi PDIP mengapresiasi pembentukan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2023, dan menyetujui dua usulan Raperda inisiatif Pemkab Muba untuk dibahas oleh Pantai Khusus (Pansus) DPRD Muba.

 

“Kedepannya kami berharap Pemkab Muba mengoptimalkan kinerja dalam membangun daerah,” harapannya.

 

Sementara itu, Fraksi Gerindra melalui juru bicara Evra Hariyadi juga mengapresiasi pembentukan Raperda-raperda tersebut. Disamping itu ia menyampaikan usulan agar peningkatan jalan penghubung di Kecamatan Lalan segera di realisasikan.

 

“Kami berharap kritik dan saran yang kami sampaikan dapat menjadi pertimbangan Pj Bupati Muba,” pungkasnya.

[3/6 20:20] +62 821-6284-8445: 2025, Muba Targetkan 15 Camat dan 12 Lurah Ikuti Ajang Paralegal Justice Award

 

Prestasi Lurah Serasan Jaya Sebagai Rujukan untuk Pamong /Lurah dan Kades di Musi Banyuasin

 

Bangga, Pemkab Muba Raih Penghargaan PJA Dua Kali Berturut-turut

 

 

Sekayu, Muba- Pencapaian luar biasa, lurah perwakilan dari Kabupaten Musi Banyuasin kembali berhasil meraih penghargaan Paralegal Justice Award (PJA) di tahun 2024.

 

Atas prestasi ini, Pemkab Muba dibawah komando Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi melalui bagian hukum Setda Muba kian optimis, kedepannya bisa memboyong seluruh Camat dan Lurah di Kabupaten Muba untuk mengikuti Paralegal Justice Award (PJA).

 

“Alhamdulillah kita sangat bersyukur dan apresiasi atas keberhasilan kedua lurah perwakilan dari Kabupaten Muba yang sudah membawa harum daerah. Insyaallah, tahun 2025 target kita 15 Camat dan 12 Lurah untuk mengikuti ajang Paralegal Justice Award,”ungkap Kepala Bagian Hukum Setda Muba Romasari Purba saat hadir dalam podcast di Radio Gema Randik yang dipandu oleh host Febie Alfina, Senin (03/06/2024).

 

Romasari Purba mengatakan bahwa Bagian Hukum Setda Muba siap mendukung dan mensupport lurah yang ada di kabupaten Muba untuk membantu masyarakat dalam penanganan permasalahan hukum sehingga kedepannya bisa membawa kabupaten Muba menjadi lebih baik lagi.

 

Jadi, lanjutnya untuk mengikuti Paralegal justice award ini. Camat, Lurah dan kades harus bisa menangani atau menyelesaikan permasalahan tindak pidana hukum ringan yang dialami masyarakat tanpa harus ke aparat penegak hukum (APH).

 

Karena, “PJA ini adalah apresiasi yang diberikan untuk camat, lurah atau kades yang dapat menyelesaikan permasalahan tindak pidana hukum ringan tanpa harus ke APH melalui mediasi dan pendekatan persuasif,”terangnya.

 

Ungkapan senada, Kadis Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP juga menyatakan siap mensupport dan mendukung program bagian hukum melalui media yang dimiliki Kominfo yaitu radio gema Randik.

 

Lingga juga mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Lurah Serasan Jaya.

 

“Hari ini Senin 3 Juni 2024, Tim Radio Gemarandik 97 Fm Dinkominfo Muba Podcash bersama Lurah Serasan jaya dan Kabag Hukum Pemkab Muba wawancara atas capaian Hasil penilaian dari Paralegal justice Award 2024, Dimana Periyanto Lurah Serasan Jaya memperoleh penghargaan kategori Anugerah Non Litigation Peacemaker, yaitu pengakuan atas perannya sebagai Juru Perdamaian di Desa/Kelurahan, dan Anugerah Anubhawa Sasana Jagadita yang merupakan pengakuan atas prestasi terbaik dalam membina dan mengembangkan Kelurahan Sadar Hukum serta mendukung pengembangan investasi dan pariwisata. Kegiatan ini diikuti oleh 300 kepala desa/ lurah hasil Panitia Seleksi Daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi, serta Panitia Seleksi Nasional dari 1.068 pendaftar di 240 kabupaten/kota di Indonesia. Semoga ini menjadi Motivasi bagi Aparatur Atau Pamong yang saat ini mengabdi di Bumi Serasan Sekate Musi Banyuasin,”tandasnya.

 

Sementara Lurah Serasan Jaya Periyanto, mengucapkan terima kasih atas dukungan serta doa yang diberikan oleh seluruh pihak hingga Ia berhasil meraih prestasi dalam ajang Anugerah PJA tahun 2024.

 

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Muba, khususnya kepada Pak Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi dan seluruh Kepala OPD, Camat serta Lurah yang telah memberikan dukungan dan doa sehingga kita bisa meraih prestasi pada Paralegal Justice Award tahun 2024 ini. Semoga kedepan prestasi ini tetap kita raih dan semoga lebih baik lagi,” pungkasnya. (sangkut)