Kabar Digital

Berita Masa Kini

Jaga Keamanan WSL Krui Pro 2024, Polda Lampung Lengkapi Body Worn Cam

KABARDIGITAL.COM, LAMPUNG – Anggota pengamanan ajang World Surfing League (WSL) Krui Pro 2024 dilengkapi sejumlah perlengkapan yang terkoneksi langsung dengan Command Center Polda Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Umi Fadilah mengatakan, peralatan khusus ini digunakan untuk membantu anggota di lapangan memantau kamtibmas di lokasi.

“Ada beberapa peralatan yang akan dipasang dan digunakan. Alat-alat ini terkoneksi langsung dengan Command Center di Polda Lampung,” kata Umi, Sabtu (25/5/2024).

Umi menjabarkan, peralatan itu diantaranya kamera CCTV yang ditempatkan di beberapa titik, yakni pintu masuk, area perlombaan, area parkir, pantai latihan atlet dan area pembukaan lomba.

“CCTV juga akan ditempatkan di Bandara Radin Intan dan Bandara Taufik Kiemas,” katanya.

Kemudian Polda Lampung juga menyiapkan kamera dengan fitur pendeteksi wajah yang ditempatkan di pintu masuk lokasi WSL Krui Pro.

“Kamera ini membantu mengidentifikasi wajah para pengunjung, baik itu peserta, panitia hingga penonton,” terangnya.

Selain itu, beberapa personel di lokasi juga dilengkapi dengan body worn cam atau kamera yang menempel di seragam petugas.

“Kamera ini berfungsi untuk memantau situasi secara langsung di lapangan,” katanya.

Diketahui, Polda Lampung bakal menggelar operasi Tuhuk Krakatau 2024 selama 9 hari mulai 27 Mei – 4 Juni 2024.

“Polda Lampung akan melaksanakan operasi pengamanan selama event WSL Krui Pro tahun ini, dengan menyiagakan 325 personel, lengkap dengan sarana prasarananya,” kata Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika.

Secara khusus sebagai pembentukan pengamanan optimal, Helmy turut menyiapkan dan menempatkan personel tourist police dan tim security officcer.

Para personel khususnya ini akan melayani masyarakat atau wisatawan dan tamu undangan, hingga memberikan pengamanan bersifat melekat kepada panitia penyelenggara dan peserta serta official event. (Nzr/hms)