Kabar Digital

Berita Masa Kini

Sampah Berserak di Pelabuhan Tiga Ras, Bupati Ajak Masyarakat Bergotong Royong

KABAR DIGITAL, SIMALUNGUN — Dalam rangka mendukung destinasi pariwisata dan peningkatan perekonomian masyarakat serta UMKM, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengunjungi Pelabuhan Tiga Ras, Kecamatan Dolok Pardamean, Simalungun, Sumut, Sabtu (3/2/2024).

Di Pelabuhan Tiga Ras, Bupati Simalungun berkeliling untuk meninjau kondisi kebersihan Pelabuhan Tiga Ras didampingi Sekdes Nagori Tiga Ras Candra Sitio.

Disela-sela peninjauan tersebut, Bupati Simalungun menyoroti banyaknya sampah berserakan dan kondisi rumput yang tumbuh tinggi tinggi.

Pada kesempatan itu Bupati Simalungun meminta kepada aparat Nagori agar berdiskusi dengan tokoh masyarakat, dan juga Camat agar marharoan bolon (gotong royong) untuk membersihkan dan menata pelabuhan Tiga Ras.

“Ginikan terlihat tidak tertata dengan baik. Jadi, kalau pinggirannya itu bersih dan tertata dengan baik pasti lebih cantik dilihat. Dan di pinggirannya ini ditanami bunga agar lebih enak dipandang mata. Dari pada seperti yang sekarang ini sampah berserak, rumput nya tinggi-tinggi,”ujar Bupati.

Disamping itu, Bupati juga menyampaikan, jika pinggiran pelabuhan sudah cantik dan bersih, tentunya semua para pengunjung atau yang hendak menyeberang akan betah berlama-lama untuk menikmati pemandangan di daerah ini.

“Kalau pengunjung singgah atau yang hendak menyeberang singgah secara otomatis kan mereka akan berbelanja dan mengopi di sini. Jadi, peningkatan ekonomi di daerah sini secara otomatis akan meningkat termasuk UMKM yang ada disekitar pelabuhan akan laris,”kata Bupati.

Usai dari Pelabuhan Tiga Ras, Bupati melanjutkan perjalanannya menelusuri jalan di pinggiran Danau Toba menuju Kelurahan Sipolha Horisan Kecamatan Pamatang Sidamanik, sembari memantau kondisi pinggiran Danau Toba.

Di Kelurahan Sipolha Horisan, Bupati bertemu dengan sejumlah warga dan melakukan komunikasi terkait Pengembangan pariwisata di wilayah tersebut.

“Kita harus marharoan bolon untuk membenahi daerah kita ini, termasuk jalan disepanjang pinggiran Danau Toba. Minimal kita juga harus bisa terlebih dahulu membenahi dari segi kebersihan lingkungan kita dulu,”ucap Bupati.

“Kalau kita menjual pariwisata ke para wisatawan itu adalah view nya Danau Toba. Mari sama-sama kita menjaga kebersihan dan keindahannya,”ajak Bupati kepada warga.

Saat berada di Kelurahan Sipolha Horisan,  Bupati meluangkan waktunya untuk membersihkan makam Drs Djabanten Damanik bersama warga. (ril)