Kabar Digital

Berita Masa Kini

Temu Kangen Kagama Sumut, Pj Gubernur Dorong Sinergi dan Kolaborasi dalam Pendidikan

KABAR DIGITAL, MEDAN  – Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin menyampaikan harapannya agar Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) Sumut menjadi penghubung dalam membangun sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Sumut dengan UGM terutama dalam pemanfaatan hasil-hasil penelitian terapan.

“Pemprov Sumut sangat terbuka untuk menerima masukan dari pengurus daerah dan para alumni UGM dalam merancang dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumut 2025-2045,” kata Hassanudin dalam sambutannya pada acara Halalbihalal dan Temu Kangen Kagama Sumut 2024 di Lantai 10, Kantor Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan pada Minggu (12/5).

Menurutnya, banyak hasil penelitian UGM yang bisa diaplikasikan di Sumut, terutama dalam menangani berbagai permasalahan pembangunan di berbagai sektor seperti pertanian, kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Pj Gubernur juga menekankan pentingnya peran alumni sebagai ‘agent of promotion’ yang bisa menjadi contoh kesuksesan dalam skala nasional maupun internasional.

Di sisi lain, Rektor UGM, Ova Emelia menyampaikan pentingnya adaptasi pendidikan di era digital dengan memanfaatkan sumber ilmu dari berbagai praktisi. Sinergi antara kampus dengan alumni dan praktisi diharapkan dapat membawa UGM menuju puncak daya saing global dalam dunia pendidikan.

Acara tersebut juga menjadi momen untuk mempererat tali persaudaraan di antara ribuan alumni UGM Sumut yang tersebar di seluruh daerah. Ketua Pengurus Daerah Kagama Sumut, Mulianta Sitepu, menegaskan bahwa semangat persatuan dan kesatuan tetap menjadi kekuatan utama bagi Kagama Sumut.

Hadir dalam acara tersebut antara lain: Walikota Pematangsiantar Susanti Dewayani, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, mantan Sekdaprov Sumut Muhyan Tambuse, berbagai tokoh lainnya seperti Ketua Pengurus Cabang Kagama Sumut, Ketua Alumni Pertanian UGM, hingga Dekan Fakultas Pertanian UGM dan Dekan Fakultas Filsafat UGM.

Tak ketinggalan pula para kadis yang merupakan alumni UGM, seperti Kadis Perhubungan Agustinus Panjaitan, Kadis Pendidikan Sumut Abdul Haris Lubis, dan Kadis Perpustakaan Sumut Dwi Endah, serta Sekretaris DPRD Sumut Zulkifli, yang turut hadir memberikan dukungan. Acara ini bukan sekadar momentum bermaaf-maafan, namun juga sebagai panggung untuk memperkuat sinergi antara alumni dan mendukung kemajuan pendidikan di Sumatera Utara. (BES)